Bangkit atau Remuk

Roma - Sudah bukan rahasia lagi, AS Roma sedang dalam krisis. Tengah pekan ini, Il Lupo akan menghadapi Sampdoria. Inilah kesempatan mereka untuk bangkit. Lain dari itu, siap-siap remuk.

Dari delapan pertandingan, Roma baru mengumpulkan tujuh poin hasil dua kali menang dan satu seri. Kekalahan di tiga pertandingan Liga Italia terakhir sudah cukup melegitimasi adanya krisis di Trigoria.

Suporter Roma sudah jengah dengan keadaan itu. Mereka marah karena tim yang jadi runner-up Seri A di tiga musim terakhir mendadak loyo. Romanisti pun menyerbu markas latihan klub kesayangannya dan meluapkan kemarahannya.

Di Stadion Olimpico, Kamis (30/10/2008) dinihari WIB, Roma harus membuktikan kepada para pendukung setianya bahwa mereka bisa bangkit. Sampdoria yang akan bertamu harus dijungkalkan bila tidak ingin mereka sendiri terjengkang.

Roma mendapat kerugian dengan masih belum tampilnya sejumlah pemain andalan. Alberto Aquilani masih cedera, sementara Philippe Mexes juga dilarang tampil akibat skorsing.

Tapi Roma punya Francesco Totti. Sang kapten Roma punya sejarah bagus ketika bersua Sampdoria. Semenjak tahun 2003/2004, atau tatkala Il Samp naik ke Seri A, trequartista berusia 32 tahun itu tak pernah absen mencetak gol ke gawang Sampdoria. Selama lima tahun lebih, total 10 gol dilesakkan Totti.

Tekanan untuk menang sangat dirasakan arsitek Roma, Luciano Spalletti. Bila tidak berhasil memenangi laga ini, bukan tidak mungkin pria berkepala plontos itu bakal kehilangan pekerjaannya.

"Tentu saja saya merasa saya dalam risiko. Klub telah memikirkan ulang posisi saya dan beberapa orang lainnya. Saya harus menemukan sebuah sistem. Saya harus menemukan cara lain untuk bekerja," kata Spalletti di Reuters.

Di kubu Sampdoria, pertandingan ini bakal jadi kesempatan reuni pertama bagi penyerang Antonio Cassano yang pernah membela Roma. Cassano hijrah ke Sampdoria sejak awal tahun lalu. Namun musim silam reuni di Olimpico belum bisa terwujud karena kala itu Cassano terkena akumulasi kartu.

Sementara itu, Inter Milan juga akan menjalani ujian cukup berat dengan melawat ke markas Fiorentina. Hasil 0-0 melawan Genoa telah membuat malu pelatih Jose Mourinho. Menghadapi La Viola, hal itu tidak boleh terulang lagi.

Dua tim kejutan, Udinese dan Napoli, akan menjalani ujian dengan level berbeda. Udinese akan bertandang ke tim yang juga cukup mengejutkan, Catania. Sementara Napoli akan jadi tuan rumah untuk penghuni dasar klasemen, Reggina.

Jadwal lengkap pekan ke-9 Liga Italia

0 komentar:

“Cintailah orang yang engkau cintai sewajarnya saja , karena boleh jadi ia akan menjadi orang yang engkau benci pada suatu hari nanti. Dan bencilah orang yang kau benci sebenarnya saja , karena boleh jadi ia akan menjadi orang yang engkau cintai pada suatu hari nanti”
(HR.Tirmidzi)

Recent Comment